Proses Perkembangan Kolonialisme dan Imperialisme Barat serta Pengaruhnya bagi Indonesia

1. Perlawanan Rakyat Maluku

A. Latar Belakang

  1. Belanda menerapkan monopolui perdagangan
  2. Adanya kekhawatiran rakyat akan munculnya kembali kekejaman seperti zaman VOC.
  3. Rakyat diharuskan kerja paksa, menyerahkan ikan asin, kopi.
  4. Benteng Duurstede diduduki Belanda.

B. Tokoh/ pemimpin

Pattimura

C. Proses Perang

Perlawanan ini dibantu oleh Anthonie Rebok, Thomas Pattiwael, Lucas Latumahina, dan Christina Martatiahahu. Pada tanggal 15 Mei 1817 seranga di mulai dan berhasil menguasai Banten Duurstede serta membunuh van den Berg. Akhirnya perang meluas ke Ambon, Seram, Haruku, Larike, Asilulu, dan Masihu.

D. Akhir perang

Belanda akhirnya mendatangkan bantuan, sehingga Pattimura dapat dikalahkan dan tanggal 16 Desember Pattimura dihukum gantung.

2. Perang Paderi

A. Latar Belakang

1. Adanya Perselisihan antara Kaum adat dan Kaum Paderi. Yaitu

Kaum Paderi menghendaki Gerakan Wahaby yang ditentang Kaum

Adat.

2. Belanda ikut campur tangn membantu Kaum Adat.

B. Proses Perang

1. Tahap I [ 1821-1837 ]

Tahap ini perang antara Kaum Adat dan kaum Padri. Kaum Adat terdesak lalu minta bantua Belanda. Dengan begitu Belanda diizinkan membangun Benteng Por Vander Cappelen dan Port de Kock. Tahun 1825, Belanda berunding dengan Kaum Paderi dan menghasilkan Perjanjian Paderi.

2. Tahap II

Kaum Paderi dan Kaum Adat bersatu melawan Belanda. Serangan Belanda dipusatkan ke Bonjol. Belanda menggunakan siasat Devide at Empera dengan cara mendatangkan pasukan Sebtot Prawirodirjo dari Jawa.

C. Pemimpin / Tokoh

Tuanku Imam Bonjol, Datuk Malim Basa, Tuanku nan Cerdik, Tuanku

Pasmanan, dan Tuanku Hitam.

D. Akhir Perang

Pada tahun 1833 diadakan Perjanjian Plakat panjang yang isinya penduduk diberi kebebasan membayar pajak dan kerja rodi, tetapi penduduk hanya berdagang dengan Belanda. Namu akhirnya Tuanku Imam Bonjol tetap ditangkap pada tahun 1837.

4. Perang Dipenogoro

a. Latar Belakang

sebab Umum:

1. Belanda ikut campur masalah kerajaan

2. Bangsawan kecewa karena dilarang menyewakan tanahnya

3. Kaum Ulama kecewa karena masuknya peradaban Barat di keraton

4. Rakyat dibebani berbagai macam pajak dan kerja paksa

Sebab Khusus:

1. Pembuatan jalan raya yang melewati makam leluhur tanpa

Seizin Pangeran Dipenogoro

b. Pemimpin/ tokoh

Pangeran Dipenogoro, Kiai mojo, Sentot Prawirodirjo,Pangeran Mangkubumi, dll.

c. Proses Perang

Perang dimulai 20 Juli 1825. Perang dimulai ketika Belanda menyerbu kediaman Pangeran Dipenogoro. Pangeran dipenogoro menggunakan taktik geriliya, sedang belanda menggunakan siasat Benteng Stelsel.

d. Akhir Perang

Pasukan Dipenogoro mulai terdesak setelah Belanda menggunakan siasat Devide et Empera. Pangeran Dipenogoro berhasil ditangkap pada tahun 1830 setelah Belanda menerapkan siasat tipu muslihat.

5. Perang Jagaraga bali

a. Latar belakang

1. Belanda memaksa Bali mengakui kedaulatan Belanda

2. Belanda memaksa Bali menghapus hak Tawan karang.

b. Pemimpin / Tokoh

I Gusti ketut Jelantik

c. Proses Perang

Pada 1845 Belanda Menyerang kerajaan Buleleng. Belanda menyerang Bali tiga kali:

1. Tahun 1846: Serangan dapat dihalau I Gusti Ketut Jalantik

2. Tahun 1848: Belanda gagal merebut Benteng Jagaraga

3. Tahun 1849: Belanda berhasil menguasai Benteng Jagaraga

d. Akhir Perang

Sejak tahun 1849 Belanda berhasil menguasai Bali

6. Perang Banjar

a. Latar Belakang

1. Belanda memaksakan monopoli pedagang

2. Belanda ikut campur tangan urusan kerajaan

b. Pemimpin / Tokoh

Pangeran Antasari

c. Proses Perang

Pertempuran terjadi pada 18 April 1859. Pangeran Antasari berhasil merebut Benteng Belanda dan menenggelamkan kapal Onrus milik Belanda.

d. Akhir Perang

Pangeran Antasari wafat pada tahun 1862, digantikan oleh Haji Buyasin yang akhirnya ditangkap Belanda.

7. Perang Aceh

a. Latar Belakang

1. Belanda ingin menguasai aceh yang letaknya strategis.

2. Belanda menuntut agar Aceh mengakui kedaulatan Belanda

3. Belanda melarang Aceh menjalin hubungan dengan

luar negeri

4. Traktat Sumatra 1871 memberi peluang Belanda untuk

menyerang Aceh.

b. Pemimpin / Tokoh

Teuku Umar, Teuku Cik Ditiro, Panglima Polim, Cut Nya’ Dien

c. Proses Perang

Belanda menyerang Aceh pertama pada 1873

di bawah pimpinan Jend. Kohler di depan Masjid Raya,

namun gagal. Serangan kedua Desember 1873 dipimpin

Jend. Van Suieten, berhasil merebut masjid Raya dan

Istana. Belanda melakukan Siasat Konsentrasi Stelsel, Devide

et Empera, kekerasan dengan membentuk pasukan Marsose.

d. Akhir Perang

Pada 1904 Aceh terpaksa menandatangani Perjanjian singkat

Yang berisi, “ Aceh mengakui kedaulatan Belanda”

About these ads

25 Komentar »

  1. geri Said:

    wah penting banget nih…

    wahahhaha,,

    tugas gua kelarrrrrrrrrrrrr

  2. tyas Said:

    wAw h3bAt b9t U BiZa N9uMpUlIn DaTa nIe………
    sebenernya dari mana bisa dpt data nie ????
    singkat, padat and jelas.
    thanks Y ……….

  3. Aldo Said:

    Sebenarnya itu semua harus jadi pelajaran buat generasi muda. Pahlawan jaman dulu sampe gila2an membela bangsanya. Seharusnya generasi sekerang harus lebih…

  4. vency Said:

    yyuuuhhaaa…

    iimmppoorrmaaccii’y bguz umz…

    bisa ngdkung proses bellaajjaarr gtu…he,e

  5. fafa23hanyfa Said:

    yap,,, kita emang musti banget liat kebelakang..
    kayak lagunya Deddy Mizwar…

    BERHENTI SEJENAK DAN LIHAT KEBELAKANG…

    aku dapet informasi kayak gini…
    sebenernya nyari..
    bener-bener nyari..
    soalnya aku dikasih tugas sama guru IPS aku…

    jadilah aku susah-payah nyari dari segala sumber..

    syukur deh kalo bermanfaat buat semua !!

    makasii yah…

  6. April Said:

    oOoiiiiiiiiii
    Km hebat bgt tugas aq kelar semuax

  7. cenny Said:

    waduuh mksh ea……
    akhr na tgs gw klar juga,,,,
    bebas deuh jd na!!

    • tyas Said:

      o u gy ngerjain tugas ips y
      good luck duuuech !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  8. aiiuuw Said:

    tengs yyaph dh bntu tgs ku.
    cz q ma0 UKK.
    skali lg tengs bgt..:-)

  9. saya Said:

    matur suwun bro.

  10. JOJO Said:

    siiiiiiiiiip dech…. inilah generasi muda yang baik….. Lanjutkan

  11. xxxc Said:

    makasih banget nih pr ada disini semua jawabanya,
    masih rada bingung nih bedanya Imperialisme ama kolonialisme kalo abis baca dari wikipedia, pas dijelasin guru dah ngerti padahal

    AHHh ██ ♠♠♠♠

  12. geel@nz Said:

    wahahhaha,,

    yyuuuhhaaa…

    iimmppoorrmaaccii’y bguz

  13. irene Said:

    thanks bgt yaa, akhirny info bwad plajaran sjarahku ktmu jg(:
    hhe
    tinggal ak bca” lg dhaa.

  14. rey Said:

    thanks ya wa bisa ngerjaun tugas nie dan dapet nilai 9,5 sekali lagi thanks yo!!!!!!

  15. yhogi Said:

    ihhhh,sumpe ni penting bgt!!!!!!!!

  16. wwwaaahhh ni bener bener ngabantu bgt, coz saya punya tugas sejarah di sekolah di suruh buat kaya beginian, nyari latar belakang, tokohnya, proses pelawanan, akhir perlawanan.

    pokoknya ngebantu bgt deh..
    thanks banget yaaa…

  17. rofiq Said:

    kita harus banyak bersyukur kepada allah SWT yang telah menciptakan kita !!!

  18. tHa-tHa.RoN Said:

    aLLhamduLilaH….
    tuGas sLsaI….
    tHx iia………..

  19. Nhana Said:

    makasih yah…
    tugas LAncar
    hehe(*_*)

  20. Ney Yoshioka Said:

    waaa, dOmmO ArIgAtOu.. KlO BiSa, tAmbAhIN YaA.. HeHe
    tuGaS MsIh nUMPuK Nihh..

  21. nurul Said:

    wah… thanks ya…
    jadi ga usah pusing-pusing nyari lagi…
    sekali lagi thaks ya…

  22. tyas Said:

    ok

  23. akira Said:

    hebt i like it tgs gw slesai cpat nih

  24. dHevI Said:

    thanks iaaaaa………

    tugaS ayE sLesaI jUga….

    BuaT parA informan, informasi tEntang maSa koLoniaLismE nD’ iMperialisme singkat padat nD jeLassss…..


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: